8 Faktor Pendukung Meningkatkan Terkena Risiko Osteoporosis


Umur salah satu pemicu penting osteoporosis yang tidak dapat dikontrol. Makin tua umur satu orang, efek osteoporosisnya akan makin bertambah. 

Di luar unsur penuaan, ada beberapa pemicu yang lain yang dapat tingkatkan efek satu orang mempunyai tulang keropos karena osteoporosis, yakni: 

1. Type kelamin 

Wanita 4x lebih beresiko terserang osteoporosis dibanding dengan pria. Ini sebab wanita mempunyai massa tulang yang lebih rendah dibanding dengan pria. 

Diluar itu, wanita lebih rawan sebab alami menopause di waktu tuanya yang menyebab kandungan estrogen alami penurunan mencolok. Kandungan estrogen yang memenuhi benar-benar diperlukan dalam proses produksi massa tulang. 

2. Ras 

Ras salah satu unsur pemicu munculnya tulang keropos yang tidak dapat dirubah. Dibandingkan ras yang lain, beberapa orang Asia (kembali lagi khususnya wanita) condong lebih rawan terserang osteoporosis. 

Efek ini terkait dengan bukti yang mengatakan wanita Asia condong kurang cukup konsumsi kalsium. Salah satunya faktanya sebab seputar 90 % wanita asia alami intoleransi laktosa. 

Intoleransi laktosa ialah keadaan waktu badan tidak dapat mengolah protein yang datang dari produk susu. Walau sebenarnya susu jadi salah satunya sumber penting kalsium yang diperlukan tulang supaya masih kuat. 

Diluar itu, postur badan beberapa orang Asia relatif lebih kecil dengan massa tulang yang lebih rendah dibanding ras yang lain. 

3. Kisah keluarga 

Saat mempunyai keluarga atau saudara kandung dengan osteoporosis, efek Anda untuk memilikinya juga lumayan besar. Oleh karenanya, coba cari info apa keluarga Anda mempunyai kisah penyakit yang satu ini ataukah tidak. Bila iya, Anda dapat cari langkah menahan osteoporosis saat punyai keturunan di keluarga. 

4. Ukuran badan 

Pria serta wanita yang mempunyai kerangka badan kecil condong beresiko tambah tinggi terserang osteoporosis. Ini hanya karena sedikit ada massa tulang yang makin bertambah bersamaan bertambahnya umur. 

5. Kandungan hormon badan 

Kandungan hormon yang kebanyakan atau begitu sedikit sering jadi pemicu osteoporosis atau tulang keropos. Kandungan hormon sex yang alami penurunan seperti estrogen waktu menopause contohnya benar-benar dapat lemahkan tulang serta menyebabkan osteoporosis. 

Ini juga berlangsung pada pria dimana kandungan testosteronnya sering alami penurunan bersamaan dengan menambahnya umur. Diluar itu, pria yang jalani perawatan untuk kanker prostat dapat juga alami penurunan testosteron. Mengakibatkan dampak yang ada yakni pengeroposan tulang yang bertambah cepat. 

Kebanyakan hormon tiroid yang dibuat dapat juga jadi pemicu tulang keropos. Oleh karenanya, tetap tanyakan ke dokter waktu Anda minum obat yang membuat kelenjar hormon tiroid begitu aktif. 

6. Kekurangan konsumsi kalsium 

Kalsium jadi salah satunya nutrisi penting untuk jaga tulang masih kuat serta sehat. Oleh karena itu, kekurangan kalsium dapat turunkan kepadatan tulang, keropos tulang bertambah cepat, serta penambahan efek patah tulang. 

Tidak hanya susu, Anda dapat memperoleh sumber kalsium dari bayam, brokoli, sawi hijau, ikan sarden, sampai kacang kedelai. 

7. Masalah makan 

Satu orang yang alami masalah makan umumnya alami kekurangan nutrisi hingga berat badannya juga lebih rendah. Ini dapat lemahkan kemampuan tulang baik pada pria atau wanita. Bulimia serta anoreksia terhitung masalah makan yang dapat jadi pemicu osteoporosis. 

8. Operasi gastrointestinal 

Operasi gastrointestinal sering dikerjakan untuk turunkan berat badang dengan memotong ukuran perut atau hilangkan beberapa dari usus. Operasi ini biasa diperuntukkan untuk menangani masalah pencernaan tersendiri. 

Sayangnya, operasi ini dapat juga batasi jumlahnya luas permukaan yaang ada untuk menyerap nutrisi terhitung kalsium.

8 Faktor Pendukung Meningkatkan Terkena Risiko Osteoporosis