Bagaimana Cara Merawat Bahan Suede agar Tak Mudah Rusak?


Salah satu kain yang banyak digunakan dalam keseharian adalah suede. Kain ini bisa ditemukan di banyak barang Anda seperti sepatu, tas dan lain sebagainya. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan termasuk kain yang mahal. Sayangnya, bahan suede ini juga mudah rusak bila tidak dirawat dengan cara yang benar. Nah, bagaimana cara merawatnya? 

1. Jangan Diletakkan Dekat dengan Sumber Panas 

Salah satu cara tepat untuk merawat kain berbahan suede adalah dengan tidak meletakkannya dekat dengan sumber panas. Bahan ini sangat sensitif dengan suhu panas sehingga dilarang untuk meletakkannya di dekat barang yang memiliki suhu panas. Jadi, simpan ia di tempat yang sejuk dan letakkan jauh dari jendela rumah. 

2. Jauhkan dari Segala Macam Bentuk Cairan 

Cara lain yang paling tepat untuk menyimpan dan merawat bahan ini adalah dengan tidak meletakkannya dekat dengan cairan. Cairan apapun itu, tak baik bila terkena bahan ini. Cairan seperti air, minyak bahkan keringat sekalipun bisa berbekas pada bahan ini sehingga akan membuatnya jadi tak bagus lagi. 

Ada baiknya, Anda tidak meletakkan makanan dan minuman dekat dengan barang yang berbahan suede. Apabila Anda mudah berkeringat, Anda bisa menggunakan kain tambahan sebelum menggunakannya. Satu lagi, ada baiknya Anda tidak menggunakan hairspray atau parfum di dekat bahan suede. 

3. Gunakan Semprotan Anti Air atau Semprotan Pelindung 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahan ini tidak tahan air. Bila terkena air, maka bahan ini akan berbekas dan membuatnya tak cantik lagi. Nah, untuk mengatasi ini, ada baiknya Anda melapisi perabotan atau aksesoris Anda yang berbahan ini dengan semprotan anti air atau pelindung suede. 

Anda bisa menemukan produk ini di toko tertentu yang memang menjualnya. Jadi, apabila ada kotoran baik itu kering ataupun basah, tak akan membuat furnitur atau aksesoris suede Anda kotor. Anda pun tak harus bekerja keras saat membersihkannya dengan semprotan ini. 

4. Perabot Berbahan Suede Sudah Kotor, Anda Bersihkan dengan Ini! 

Bagaimana bila perabot atau aksesori berbahan suede yang Anda miliki sudah terlanjur kotor padahal sudah diberikan semprotan anti air dan pelindung? Jika sudah seperti ini, maka Anda harus segera membersihkannya. Namun, Anda tak bisa menggunakan sembarang hal untuk membersihkannya. 

Bila suede terkena air atau kotoran, maka Anda harus segera membersihkannya menggunakan handuk atau kain bersih. Sambil membersihkannya, Anda bisa memberikan pijatan lembut dan jangan menekan terlalu keras agar kotoran tidak makin terserap ke dalam furnitur atau aksesoris yang berbahan suede. 

Tak hanya menggunakan handuk saja, Anda juga bisa menggunakan tisu kering untuk membersihkannya. Tisu bisa Anda gunakan untuk membersihkan tumpahan kopi, teh atau jus. Cara menggunakannya mudah saja. Anda hanya perlu menaruhnya di atas kotoran dan tekan dengan lembut. 

Bagaimana dengan kotoran berminyak? Untuk kotoran seperti ini, Anda harus menggunakan baking soda untuk mengatasinya. Cukup taburkan baking soda di atas minyak dan diamkan beberapa jam. Setelah itu, sikat lembut menggunakan sikat khusus suede agar tak menimbulkan bekas di permukaannya. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat perabot atau aksesoris dari bahan suede. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan beberapa sabun dan obat khusus untuk bersihkan kotoran dengan ini. Hanya saja, Anda harus berhati-hati karena sabun itu biasanya mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Daripada itu, bisa gunakan cara yang aman, kan?

Bagaimana Cara Merawat Bahan Suede agar Tak Mudah Rusak?