5 Langkah Cara Melupakan Sesuatu yang Menyakitkan


Suatu hal yang ingin Anda lupakan, umumnya membuat Anda takut, kuatir, susah, serta tertekan. Dalam masalah yang lebih kronis, emosi yang Anda alami waktu daya ingat itu kembali ada, dapat menghalangi kegiatan. 

Sebetulnya Anda tidak bisa hilangkan daya ingat jelek dari otak, tetapi Anda dapat kurangi keterkaitan emosi yang ada jadi salah satunya langkah supaya tidak rasakan kuatir atau takut seperti awalnya. 

Untuk keluar dari permasalahan ini, Anda dapat coba beberapa langkah di bawah ini. 

1. Cari info penyebab 

Masa lalu yang jelek, memilukan, atau membuat malu tidak selamanya berada di kepala Anda. Masa lalu ini akan ada sebab ada pemicunya, seperti aroma, gambar tersendiri, atau suara. 

Misalnya, si A yang pernah mempunyai trauma pemberontakan, akan mengingat insiden itu saat dengar suara keras, asap tebal, atau keramaian. Nah, suara keras, asap tebal, serta keramaian berikut sebagai penyebab A mengingat masa lalu jeleknya. 

Tahu penyebab ialah langkah fundamental untuk menolong Anda hilangkan suatu hal yang jelek dari daya ingat. Makin sensitif Anda pada penyebab ini, besar peluangnya buat Anda untuk mengatur diri sekaligus juga memutuskan jalinan di antara penyebab dengan daya ingat yang negatif. 

2. Konsultasi ke psikolog 

Bila daya ingat jelek sampai membuat Anda trauma, telah waktunya bertandang ke psikolog. Maksudnya, supaya pakar psikologis serta kesehatan jiwa dapat menolong Anda temukan langkah pas untuk lupakan suatu hal yang membuat trauma. 

Sesudah trauma berlangsung, psikolog akan minta Anda untuk menanti beberapa minggu supaya emosi Anda kembali konstan. Selanjutnya, Anda akan disuruh untuk mencerita kembali pengalaman atau insiden yang membuat Anda trauma sekali atau 2x satu minggu. 

Mengingat ingat jelek berkali-kali ini nyatanya mempunyai tujuan untuk memaksakan otak merekonstruksi insiden serta kurangi trauma emosional yang dirasakan. Walau daya ingat itu tidak bisa dihapus, paling tidak emosi yang ada tidak sesensitif awalnya. 

3. Lakukan memory suppression 

Menurut studi pada jurnal Trends In Cognitive Science, memory suppression (penekanan ingatan) bisa dipakai jadi salah satunya langkah untuk hilangkan daya ingat jelek yang terus ada. 

Studi itu tunjukkan jika memakai peranan otak dalam tingkat tinggi, seperti penalaran serta berpikir logis dapat mengganggu kerja otak dalam mengingat satu ingatan. Tehnik ini sebetulnya sama juga dengan melatih otak untuk mematikan satu daya ingat dengan menggantikannya dengan daya ingat lain yang lebih menyenangkan. 

4. Exposure terapi 

Therapy ini sebetulnya ialah penyembuhan untuk PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Tetapi, juga bisa dikerjakan jadi langkah untuk menolong hilangkan daya ingat satu orang akan momen yang memilukan serta menakutkan. 

Therapy ini menyertakan pembicaraan kembali insiden yang membuat trauma, diikuti dengan latihan hadapi trauma itu. Terapis kemungkinan memberi pasien suatu hal atau bawa pasien ke tempat yang menyebabkan timbulnya trauma. 

5. Minum obat propanolol 

Obat propranolol ialah obat untuk hipertensi, yang seringkali dipakai untuk menyembuhkan orang yang alami trauma. Obat ini bisa kurangi tanggapan badan pada kekhawatiran, seperti tangan bergetar, berkeringat, jantung berdetak kencang, serta mulut kering. 

Propranolol ialah obat tekanan darah dari kelas obat yang diketahui jadi beta blocker, serta seringkali dipakai dalam penyembuhan masa lalu traumatis. 

Sesudah diminum, propanolol akan kurangi tanggapan emosional yang ada saat Anda mengingat trauma. Perawatan ini semakin lebih efisien bila diimbangi dengan therapy.

5 Langkah Cara Melupakan Sesuatu yang Menyakitkan