Ini yang Harus Dipersiapkan ketika Tanda Melahirkan Sudah Dekat


Ketika tanda melahirkan sudah mulai muncul maka anda harus segera bersiap untuk menyambut sang buah hati. Sebagai calon orang tua tentu anda ingin memberikan yang terbaik bagi anak ketika mereka dilahirkan ke dunia. Oleh karena itu, anda harus melakukan persiapan sebaik mungkin agar proses melahirkan berjalan lancar dan anak lahir dengan sehat. 

Masa kehamilan memang merupakan sebuah perjalanan panjang yang banyak rasa. Namun, perlu diketahui bahwa proses melahirkan merupakan saat dimana seorang wanita akan merasakan perasaan yang campur aduk. Rasa haru, bahagia, juga sakit bercampur menjadi satu. 

Proses melahirkan harus dipersiapkan sebaik mungkin agar sang ibu bisa melahirkan dengan nyaman dan aman. Proses persiapan perlu dilakukan jauh-jauh hari agar tidak kelabakan saat waktunya melahirkan tiba. Kali ini kita akan membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk menyambut hari kelahiran anak. 

Persiapan Melahirkan

Perlu diketahui bahwa seorang ibu hamil bisa melahirkan kapan saja bahkan jauh dari hari yang sudah diprediksikan. Oleh karena itu, suami harus siaga penuh untuk berjaga-jaga kalau nanti tiba-tiba istri menunjukkan tanda melahirkan. Ketika tanda-tanda kelahiran sudah muncul maka inilah dia beberapa persiapan yang perlu dilakukan : 

1. Pastikan Tempat Melahirkan 

Pastikan dimana ibu akan melahirkan bayinya. Biasanya setiap orang tua sudah memiliki rencana akan melahirkan dimana. Namun, perlu dipastikan lagi, apakah tempat yang diinginkan masih tersedia atau tidak. Jika masih bisa maka segera persiapkan segala keperluan untuk menempati lokasi melahirkan. 

2. Dokter yang Membantu Proses Kelahiran 

Pada umumnya, pasangan suami istri sudah memiliki dokter yang akan membantu proses kelahiran nanti sejak masa kehamilan. Biasanya dokter yang akan membantu kelahiran sudah mengontrol kesehatan bayi dalam kandungan dan memantau bagaimana perkembangannya. 

Namun, dalam situasi tertentu bukan tidak mungkin dokter yang menangani berhalangan untuk membantu proses kelahiran. Oleh karena itu, terlebih dahulu pastikan kesediaan dokter untuk membantu proses kelahiran. 

3. Persiapan Barang-Barang 

Ketika akan memasuki proses melahirkan maka segera siapkan barang-barang yang penting. Contoh barang yang perlu dipersiapkan saat akan menghadapi kelahiran adalah pakaian. Mulai dari pakaian untuk sang ibu, ayah, maupun pakaian dan perlengkapan untuk si buah hati nanti. 

Ada beberapa rumah sakit yang menyediakan fasilitas perlengkapan dasar untuk bayi namun anda juga tetap harus membawanya dari rumah. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau-kalau nanti tidak diberikan fasilitas semacam ini. 

4. Biaya 

Ini dia yang tak boleh dilewatkan untuk dipersiapkan ketika akan melahirkan. Biasanya, calon orang tua sudah mempersiapkan biaya yang akan digunakan untuk melahirkan sejak jauh-jauh hari. Jangan lupa pastikan apakah anda akan menggunakan fasilitas asuransi kesehatan atau biaya pribadi. 

Berbagai macam urusan yang berhubungan dengan biaya melahirkan harus segera diselesaikan. Dengan begitu maka proses melahirkan akan berjalan lancar dan anda bisa membayar biaya persalinan tepat pada waktunya. 

5. Mental 

Seorang ibu yang akan melahirkan harus memiliki mental yang kuat. Perlu diketahui bahwa proses melahirkan tidaklah mudah. Ada perjuangan di dalamnya dan seorang ibu harus siap baik secara fisik maupun mental. Persiapan mental bisa dilakukan dengan cara membaca buku mengenai persalinan dan sharing pengalaman dengan teman. 

Itulah tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika ibu hamil sudah merasakan tanda melahirkan. Pastikan anda mempersiapkan diri sebaik mungkin agar proses melahirkan berjalan lancar dan kehadiran si kecil di dunia ini bisa disambut dengan baik.

Ini yang Harus Dipersiapkan ketika Tanda Melahirkan Sudah Dekat