Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?

 Mungkin diantara anda pernah menjumpai kendaraan beroda empat anda mengeluarkan  Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?

Mungkin diantara anda pernah menjumpai kendaraan beroda empat anda mengeluarkan asap tebal dari knalpot. Munculnya asap ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jika asap tersebut muncul di pagi hari ketika gres menghidupkan mesin dan beberapa ketika kemudian asap hilang, maka kondisi ini masih normal-normal saja. Namun kalau asap keluar secara terus menerus maka dapat diindikasikan terjadi kerusakan pada komponen mesin. Secara umum keluarnya asap tersebut disebabkan oleh oli yang terbakar dan gabungan materi bakar yang tidak tepat. Makara andapun bahwasanya dapat mengidentifikasi kerusakan pada mesin melalui asap yang keluar dari knalpot.

Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

1. Asap Keluar Saat Pagi Hari

Pada waktu malam hari, maka suhu di knalpot juga menjadi rendah. Akibatnya uap-uap air yang ada di knalpot mengembun menjadi air. Ketika kendaraan beroda empat dinyalakan maka suhu di knalpot juga naik. Air di knalpot dan kemudian bertemu dengan panas dari hasil pembakaran inilah yang menyebabkan keluarnya asap. Setelah lima menit biasanya akan hilang dengan sendirinya. Makara kalau anda menemukan hal demikian tak perlu risau lantaran hal ini normal terjadi.

2. Asap Berwarna Hitam

Keluarnya asap yang berwarna hitam dari knalpot disebabkan oleh gabungan materi bakar yang terlalu kaya atau kadar materi bakar lebih banyak dari yang seharusnya. Cara mengatasinya tinggal menyetel ulang gabungan materi bakar melalui baut penyetel yang ada di karburator.

3. Asap Berwarna Putih

Nah inilah bahwasanya yang berbahaya. Jika asap putih keluar dari knalpot maka disebabkan oleh terbakarnya oli pelumas. Terbakarnya oli ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama ring piston yang sudah rusak. Karena ring piston sudah rusak, maka oli akan masuk ke ruang bakar sehingga akan ikut terbakar bersama gabungan udara dan materi bakar. Kedua, Dinding Silinder yang sudah aus. Hampir sama kasusnya dengan yang pertama, kalau dinding silinder sudah aus makan oli pelumas akan gampang masuk ke ruang bakar. Ketiga disebebkan oleh slip klep yang bocor. Jika slip klep bocor, maka oli yang berada di kepala silinder akan masuk ke ruang bakar. 

Kini anda sudah tau bukan, penyebab keluarnya asap di knalpot. Jika mengalamai dilema yang pertama dan kedua anda tak perlu khawatir. Namun kalau mengalami dilema yang ketiga sebaiknya anda segera membawa kendaraan anda ke bengkel terdekat. Karena kalau dibiarkan begitu saja maka alhasil dapat merusak komponen-komponen lainya.

Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?