Inilah Beberapa Penyebab Pipa Rumah Sering Rusak


Mendeteksi rumah yang rusak bukan perkara yang mudah. Biasanya, pipa yang rusak baru terlihat saat pipa tersebut sudah rusak parah dan air bocor kemana–mana. Hal ini karena letak pipa yang biasanya terletak di dalam tanah atau di tembok, membuat mendeteksi pipa yang rusak sangat rumit.
Kebanyakan orang harus memanggil tukang pipa yang professional untuk mengatasi kerusakan tersebut. Jika Anda tidak ingin harus memanggil teknisi setiap pipa di rumah rusak, ulasan tentang penyebab pipa rusak ini akan membantu untuk mencegah kerusakan pada pipa. 

Sambungan Pada Pipa yang Sudah Keropos 

Kondisi pipa yang sudah usang dan keropos bisa jadi adalah alasan utama mengapa pipa rumah sering rusak. Beberapa arsitek dan teknisi menyarankan untuk mengganti pipa setelah lima tahun dipakai. Jika tidak, Anda akan sering mengalami kebocoran dan kerusakan saat menggunakan pipa usang. Pipa yang sudah usang mempunyai ciri-ciri terdapat bercak di tembok dimana pipa itu diletakkan. 

Dinding yang Mulai Rusak 

Dinding yang rusak pun bisa jadi salah satu penyebab pipa rumah rusak. hal ini menyebabkan pipa tidak terlindungi sehingga gampang keropos. Jika Anda menemui dinding rumah mulai rusak, segera plester ulang tembok agar kebocoran bisa segera diatasi dan dicegah 

Kesalahan saat Pemasangan Pipa 

Biasanya, kesalahan umum yang sering terjadi saat pemasangan pipa adalah kurang rapatnya sambungan pipa. Hal ini disebabkan oleh buruknya kualitas pipa, atau masalah eksternal yang terjadi saat konstruksi rumah. saat pemasangan pipa, pekerja bangunan biasanya menginjak–injak pipa itu. 

Jika pipa tersebut mempunyai kualitas yang jelek, tidak lama kemudian pipa tersebut bisa bocor dan rusak. kebocorannya pun berurutan, dimulai dari satu titik, lalu merambat ke titik lain. Jadi, jika Anda ingin mencegah kerusakan pada pipa, perhatikan baik–baik saat memasang pipa. 

Penyumbatan Pada Pipa 

Pipa yang tersumbat bisa mengakibatkan kebocoran pada pipa Anda. Air dari PDAM yang kadang sedikit keruh biasanya mengakibatkan pipa tersumbat.Untuk menghindari penyumbatan, selalu bersihkan pipa Anda. Anda juga bisa memanggil tukang pipa. Pipa bisa dibersihkan dengan cepat dan lebih baik, tetapi harganya lebih mahal disbanding jika Anda membersihkan pipa tersebut sendiri. 

Kualitas Pipa yang Jelek 

Kualitas pipa yang jelek adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan pipa rumah Anda bocor. Cara mengatasinya yaitu membeli pipa yang kualitasnya bagus. Sayangnya, pipa yang mempunyai kualitas terbaik sudah pasti harganya mahal. Karena kurangnya budget, Anda mungkin terpaksa untuk membeli pipa yang murah, tetapi kurang bagus. Jika budget Anda menipis, seimbangkan antara kualitas dengan harga saat membeli pipa 

Demikian artikel tentang penyebab rusaknya pipa rumah Anda. Jika pipa rumah rusak, pastikan Anda mencari tukang pipa yang berkualitas agar pipa di rumah bisa berfungsi seperti sebelumnya. 

Inilah Beberapa Penyebab Pipa Rumah Sering Rusak