Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Di Jalan Tanjakan

 Mengemudi kendaraan beroda empat pada jalan menanjak sering ditakuti oleh beberapa orang yang gres dalam t cara mengemudi kendaraan beroda empat di Jalan Tanjakan

Mengemudi kendaraan beroda empat pada jalan menanjak sering ditakuti oleh beberapa orang yang gres dalam tahap berguru mengemudikan mobil. Yah hal ini cukup beralasan alasannya jikalau terjadi sesuatu ketika berada di tengah-tengah tanjakan sanggup saja kendaraan beroda empat mbalik ke belakang. Kecelakaan mungkin menjadi suatu yang tidak sanggup dihindari jikalau anda belum memiliki teknik mengemudi pada jalan tanjakan. Apalagi kondisi jalan cukup terjal dan disertai lalu-lintas yang ramai. Tanpa disertai skil yang cukup maka ada dua kemungkinan anda menabrak kendaraan yang ada didepan atau balik ke belakang. Untuk itu disini saya sedikit memperlihatkan tips dan juga cara mengemudi mobil pada jalan yang menanjak.

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan

  1. Perhatikan kemiringan dari tanjakan tersebut. Jika tanjakan tidak begitu curam anda masih sanggup memakai gigi 2 atau gigi 3. Namun tanjakan terlalu tajam gunakanlah gigi 1.
  2. Jika dalam perjalanan anda diharuskan untuk berhenti, maka ada 3 cara berhenti pada jalan yang menanjak. Ketiga cara tersebut yaitu mengerem memakai hand rem, mengerem memakai rem kaki, dan berhenti memakai setengah kopling. 
  3. Cara yang pertama yakni memakai hand rem, dilakukan pada ketika anda akan berhenti dalam waktu yang lama. Tariklah terlebih dahulu handle rem tangan gres kemudian pindah gigi transmisi pada posisi netral. Ketika akan mulai berjalan pindahkan terlebih dahulu gigi transmisi ke gigi 1, tekan pedal gas dan lepaskan kopling secara perlahan gres lepaskan handle rem.
  4. Cara yang kedua dalam mengemudi kendaraan beroda empat pada jalan tanjakan yakni memakai rem kaki dilakukan pada ketika kendaraan beroda empat akan berhenti dalam waktu yang tidak lama. Caranya dengan menekan secara perlahan pedal koping disertai menekan pedal rem. Jika kendaraan beroda empat akan berjalan lagi lepaskan pedal rem dan injaklah pedal gas disertai perlahan-lahan disertai melepas pedal kopling..
  5. Yang terakhir berhenti dengan setengah kopling dipakai ketika anda hanya berhenti dalam waktu yang sangat singkat. Caranya yaitu dengan mengkombinasikan antara pedal gas dan pedal koping.

Bagi anda yang belum ahli dalam mengemudi sebaiknya melatih diri dengan melaksanakan cara-cara diatas. Dengan demikian anda akan mendapat feel serta pengalaman yang cukup, sehingga resiko kecelakaan pada jalan yang menanjak sanggup berkurang.

Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Di Jalan Tanjakan